Friday, January 24, 2014

Makan Buah Ini Tenggorokan Bisa Terbakar

Manchineel, pohon yang paling beracun
Pohon manchineel disebut juga Hippomane mancinella adalah spesies tanaman berbunga yang termasuk dalam jenis spurge (Euphorbiaceae), dan satu-satunya spesies jenis monotypic Hippomane.

Pohon Manchineel termasuk jenis pohon paling beracun di dunia. Pohon ini tumbuh di  sepanjang pantai Florida, Karibia dan Bahama. Untuk menjaga agar orang tidak terkena racun pohon ini maka dipasanglah beberapa papan larangan di sekitar pohon. Pohon Manchineel memiliki racun dari mulai buah, kulit, serta getahnya.

Getah pohon yang sangat beracun Ini bisa menyebabkan kulit lecet, dermatitis, bengkak atau luka bakar. Para pengunjung yang tidak mengetahui tentang pohon ini umumnya tidak curiga sehingga mereka dengan santainya berlindung di bawah Manchineel.


Yang lebih unik adalah pada bagian kulitnya, kulit pohon ini bisa melepaskan asap yang menyebabkan kebutaan sementara (dan dalam beberapa kasus, permanen).

Ada seseorang yang telah berbagi pengalaman tentang bagaimana racun dalam pohon ini bereaksi ke dalam tubuh, Pengalaman itu diterbitkan melalui artikel di British Medical Journal oleh seorang ahli radiologi yang bernama Nicola H Strickland.

buah Pohon Manchineel
Waktu itu Nicola sedang asyik mencari kerang dan karang lalu melihat beberapa buah-buahan hijau yang menggantung di antara pohon mangga dan kelapa yang tersebar di sekitar pantai.

Nicola mengatakan bahwa Buah itu bulat, berukuran sebesar jeruk, dan jatuh dari sebuah pohon besar. lalu dengan cepat-cepat Ia menggigitnya dan terasa ada rasa manis di lidah. Temannya juga ikut makan buah itu. Setelah beberapa saat merasakan buah tersebut, Nicola dan temannya seperti merasakan rasa pedas yang aneh di mulut mereka lalu berkembang menjadi rasa terbakar di sekitar mulut.

Rasa panas itu terasa merobek mulut dan menyesakkan tenggorokan. Gejala itu memburuk selama dua jam berikutnya, dan mereka tidak bisa menelan apa pun, karena rasa sakit yang luar biasa pada tenggorokan. Saat itu, susu menjadi satu-satunya cairan yang bisa masuk ke dalam mulut mereka. Susu memberi efek yang agak menenangkan pada tenggorokan dan butuh waktu delapan jam untuk meredakan gejala keracunan tersebut.

Bila anda berada di suatu tempat asing dan menjumpai pohon dengan buah yang belum diketahui namanya jangan coba-coba untuk memakannya karena mungkin saja buah tersebut beracun.