Monday, February 17, 2014

Unik, Hotel di Bolivia Terbuat Dari Garam

Playa Blanca

Playa BlancaDi Bolivia terdapat sebuah hotel yang terbuat dari garam, hotel ini bernama Playa Blanca. Bolivia memang terkenal dengan sebuah tempat tambang garam berupa dataran luas atau bisa disebut juga gurun garam. Tambang garam tersebut adalah Salar De Yuni.

Hotel garam ini, sepintas seperti bangunan biasa biasa, namun setelah dilihat dari dekat ternyata sebuah hotel yang memiliki beragam keunikan.

Playa BlancaHotel yang bernama Playa Blanca ini terletak di dataran putih Salar de Uyuni, barat daya Bolivia. Hotel ini adalah satu-satunya hotel yang terbuat dari struktur garam dari danau murni.

Awalnya bangunan ini didirikan hanyalah untuk sekedar penginapan biasa. Pada tahun 1993,  Seorang tukang garam yang merupakan penduduk asli daerah tersebut, sering kebingunan saat ditanya para pengunjung perihal penginapan terdekat di daerah itu.

Playa BlancaMelihat banyak minat pengunjung terhadap penginapan, si tukang garam memperbesar bangunan dengam mengandalkan garam yang diambilnya dari danau. Kini hotel itu telah memiliki 15 kamar tidur, ruang makan, ruang tamu serta sebuah bar. Atap bangunan dan bar dibangun dari garam dan lantai hotel semua ditutupi dengan butiran garam.

Seperti halnya hotel pada umumnya, Playa Blanca memiliki aturan untuk para pengunjung yang menginap, diantaranya adalah , para pengunjung dilarang menjilati semua bagian dari hotel. Karena dapat menyebabkan kerusakan. Tapi, meskipun peraturan sudah dibuat, masih banyak pengunjung yang iseng dan menjilati garam-garam tersebut. Bahkan ada juga pengunjung yang dengan sengaja merusak bagian bangunan garam dengan alat.

Sampai sekarang belum ada bangunan hotel lain yang berdiri di daerah tersebut selain Playa Blanca. Meski tak mewah seperti hotel pada umumnya, namun hotel ini dianggap sangat membantu para wisatawan.