Wednesday, April 30, 2014

Ada Pantai Berpasir Kaca di California

Aneka warna-warni bebatuan kacanya  (California Travel and Tourism Commission)
Aneka warna-warni bebatuan kacanya
(California Travel and Tourism Commission)
Sebelumnya kami sudah menulis artikel tentang pantai yang berpasir putih ataupun pantai berwarna hitam, mungkin hal seeprti itu sudah bukan keanehan lagi, namun bagaimana bila ada pantai yang memiliki pasir kaca? sungguh aneh tapi nyata.

Pantai yang memiliki pasir berkaca tersebut berada di California, AS,  namanya Glass Beach,  yang merupakan pantai berpasir kaca satu-satunya di dunia.

Glass Beach yang yang berarti pantai kaca, berada di Taman Nasional MacKerricher, dekat Kota Fort Bragg, California. menurut situs CNN Travel, tempat tersebut memiliki certa atau sejarah yang panjang.

Konon, pada awal abad ke-20, pantai seluas 150 ribu meter persegi adalah tempat pembuangan sampah dari penduduk di Kota Fort Bragg. Yang namanya sampah tentu saja beraneka ragam bentuk, seperti peralatan dapur, kaca, bahkan hingga mobil bekas yang ditinggalkan begitu saja.

Karena jumlah sampai yang semakin lama menjadi bertumpuk, akhirnya pada tahun 1960-an oleh pemerintah kota setempat pantai tersebut ditutup. Saat itulah pemerintah mulai membersihkan seluruh sampah yang ada di dana.

Waktupun bergulir, selama bertahun-tahun sisa sampah yang terdiri dari sampah gelas, kaca dan botol berubah menjadi bebatuan oleh suatu fenomena alam yang tak diduga.
Bebatuan kaca di Glass beach, California (Youtube)
Bebatuan kaca di Glass beach, California (Youtube)
Bebatuan tersebut berwarna-warni dan sangat indah. Tempat yang dulunya merupakan tempat pembuangan sampah menjadi tempat yang menarik dengan nama Glass Beach. Pantai yang cantik dengan pasirnya yang berupa bebaruan kaca. Bebatuannya juga tidak tajam, melainkan pipih dan lembut. Apalagi bebatuannya berwarna-warni.

Terdapat aneka warna dari bebatuan di sana yakni, putih, hitam, kuning, merah, dan masih banyak lagi. Bebatuan berwarna tersebut terdapat pula di bawah permukaan air laut, selain di tepian pantai.

Meski bebatuan kaca berwarna warni tersebut menarik untuk dilihat namun karena Glass Beach adalah bagian dari Taman Nasional MacKerricher, maka para pengunjung dilarang mengambil bebatuan kaca di sana untuk dibawa pulang.

Pasir kaca di Glass Beach akan terlihat lebih memukau bila dilihat lebih dekat saat siang hari.