Saturday, March 8, 2014

Aneh, di Pennsylvania Ada Batu Bernyanyi

Ringing Rocks
Ringing Rocks (Visit Philly)
Bila kita mengetuk-ngetuk batu biasanya akn terdengar tak-tik- atau tuk dan tidak mengandung nada atau bunyi seperti nada, namun di Pennsylvania, AS. Salah satu tamannya memiliki bebatuan yang mengeluarkan bunyi dengan irama layaknya bernyanyi.

Taman Ringing Rocks yang terkenal dengan batu yang bisa berbunyi memiliki lahan seluas 51 hektar,  seperti ditulis dalam Visit Philly, Jumat (28/2/2014). Batu-batu ini berukuran sangat besar dan di sana tersebar sekitar 28-32 ribu m2.

Para penduduk di sana menuturkan bahwa bebatuan ini jika dipukul akan mengeluarkan variasi bunyi yang indah. untuk membuktikannya banyak turis yang langsung coba memukulnya dengan palu atau batu kecil.

Bunyi bebatuan ini sangat unik dan menghasilkan irama
Bunyi bebatuan ini sangat unik dan menghasilkan irama
(Oddity Central)
Para turis banyak yang keheranan karena suara yang dihasilan masing-masing batu berbeda. Bunyinya mirip seperti lantunan sebuah lagu.

Karena keunikannya tersebut banyak turis bertanya-tanya terbuat dari apa batu tersebut. Bukan saja turis, namun  para ilmuwan dan ahli geologi pun dibuat bingung selama bertahun-tahun oleh fenomena aneh ini.

Meski beberapa percobaan telah dilakukan pada batu di Rocks Country. Namun, alasan yang tepat untuk suara unik ini masih belum diketahui.

Turis sedang membunyikan batu
Turis sedang membunyikan batu (Oddity Central)
Karena keistimewaannya ini, Taman Ringing Rocks semakin ramai dikunjungi turis. Mereka bertujuan untuk membuktikan keanehan pada batu yang dapat menghasilkan suara yang unik ini.