Saturday, March 29, 2014

Pulau Terkecil di Dunia Versi Guinness World Records

Bishop Rock
Inilah Bishop Rock, pulau terkecil di dunia
(trinityhouse.co.uk)
Pulau Terkecil di Dunia Versi Guinness World Records berjarak sekitar 48 km dari daratan Inggris. Yakni Bishop Rock, pulau terkecil di dunia. Panjangnya hanya 46 meter dan lebar 16 meter. Pulau terkecil di dunia ini adalah menjadi bagian dari negara Inggris dan terkenal dengan mercusuarnya yang tinggi.

Bishop Rock berada di ujung paling barat Kepulauan Scilly di Cornwall, Inggris yang berada di Samudera Atlantik. Pulau ini hanya berbentuk batu karang saja dengan panjang 46 meter dan lebar 16 meter, serta kedalaman batunya adalah 45 meter. Meski jadi pulau terpencil di dunia, Bishop Rock mempunyai mercusuar setinggi 49 meter yang terdiri dari 5.700 ton batu granit tanpa besi dan memiliki 10 lantai.

Alasan pulau terkecil di dunia ini jmemiliki mercusuar karena, pada sekitar abad ke-16, banyak kapal Inggris yang tenggelam saat melintasi pulau batu karang tersebut. Gelombang laut di sekitar pulaunya memang ganas dan arusnya cukup kuat.

Bishop Rock
Tinggi mercusuar di Bishop Rock
mencapai 49 meter (trinityhouse.co.uk)
Diantara kecelakaan kapal paling mengerikan yang tercatat dalam sejarah adalah karamnya kapal armada Inggris di bawah pimpinan Sir Cloudesley Shove pada tahun 1707. Kapal itu menabrak pulaunya dan tenggelam menewaskan 2.000 pasukan.

Setelah kejadian itu, pemerintah Inggris menunjuk Trinity House, sebuah badan pemerintah yang mengurus mercusuar di perairan Inggris dan bertanggung jawab pada navigasi laut untuk membuat mercusuar demi keselamatan kapal yang berlayar di sana.

Pemimpin pembangunan mercusuar di Bishop Rock adalah James Walker. Dia memulai pembangunan mercusuar di tahun 1847, tapi berhenti di tahun 1849 karena arus laut dan angin yang kencang dari Samudera Atlantik.

Pada 1 September 1858 pembangunan mercusuar tersebut selesai dengan biaya sekitar 34.560 Poundsterling atau sekitar Rp 546 juta.

Setelah dibangun mercusuar, kapal-kapal bisa berlayar dengan tenang dan aman melewati Bishop Rock. Cahaya dari mercusuarnya mampu menembus jarak pandang sampai jarak 24 mil atau 44 kilometer. Mercusuar di Bishop Rock pun dijaga oleh beberapa penjaga.

Bishop Rock
Pulaunya hanya berupa batu karang
dan sebuah mercusuar tingi (trinityhouse.co.uk)
Pada 1992, para penjaga di mercusuarnya pensiun dan tidak ada lagi orang di sana. Mercusuar dikendalikan secara otomatis dari Harwich, Essex. Hanya beberapa kali para penjaga mercusuar datang menggunakan helikopter untuk melakukan pengecekan.

Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini, silahkan datang ke sana dengan menyiapkan uang sekitar 16 Poundsterling atau sekitar Rp 252 ribu, untuk mengikuti tur dari St Mary's Boatmen's Association di Kepulauan Scilly. Anda akan diajak naik kapal untuk melihat Pulau Bishop Rock dari dekat.