Sunday, April 20, 2014

Meski Mandi Sehari 5 Kali, Badan Perempuan Ini Tetap Bau

Ellie James
Umumnya dengan mandi dan memakai parfum maka tubuh kita akan wangi, atau minimal bau keringat hilang. Namun tidak dengan apa yang dialami Ellie James. Perempuan berumur 44 tahun asal Abingdon, Oxfordshire, Inggris ini tubuhnya mengeluarkan bau yang tidak sedap karena kondisi langka yang dialaminya. Ellie menderita trimethylaminuria (TMAU), yakni kondisi yang membuat tubuhnya tidak bisa memecah kandungan dalam makanan tertentu seperti daging, susu, kopi, dan ikan.

Akibat kondisinya tersebut, Ellie pernah diolok-olok oleh orang disekitarnya. Selain itu Ia juga sempat beberapa kali berpindah-pindah pekerjaan, dan pada akhirnya berhenti untuk bekerja karena ia tahu sejawatnya sangat terganggu dengan bau yang dikeluarkan dari badannya.

Selama 14 tahun Ellie mengalami masalah ini. Suatu saat ia diberi hadiah oleh orang lain, meski hadiah tersebut bagus namun membuatnya berkecil hati. hadiah yang diterimanya adalah beberapa buah sabun, mungkin bagi orang yang memberikannya mengira kalau Ellie bau karena jarang mandi dan tidak memakai sabun.

Selain sabun, ada pula yang memberikannya parfum, hal tersebut membuat Ellie berfikir kalau ada yang tidak beres dengan dirinya.

Berbagai cara telah ia lakukan untuk mengurangi bau tubuhnya, dari mulai menghindari makanan yang menyebabkan tubuhnya bau busuk sampai mandi lima kali dalam sehari. Namun usahanya tersebut sia-sia, karena bau tubuhnya tetap ada.

Ia berkonsultasi dengan Dokter, namun yang diterima adalah ceramah tentang bagaimana cara merawat kebersihan tubuh, hal tersebut membuatnya kecewa.

Akhirnya Ellie menemukan forum online untuk orang-orang dengan TMAU. Dari situlah, dia dirujuk untuk mendatangi pakar endokrinologi. Ellie pun diberi antibiotik dan disarankan menjalankan diet untuk mengurangi bau badannya.

Kini Ellie lebih percaya diri, Ellie akan memberikan pemahaman kepada orang-orang di sekelilingnya terkait kondisi yang dialaminya. Setiap kali melihat ada orang di sampingnya yang menutup hidung karena mencium bau badannya, Ellie menjelaskan kondisi medis yang dialaminya.

Kini Ellie berhasil menemukan cinta. Ellie jatuh cinta pada Dan Molston yang berusia 50 tahun. Di mata Dan, Ellie adalah orang yang menyenangkan. Baginya hal itu jauh lebih penting dari apapun.

Sindrom bau ikan atau Trimethylaminuria (TMAU) merupakan gangguan genetik yang langka. Kondisi ini terjadi karena pancaran senyawa trimetilamina (TMA) yang berlebihan. TMA ini diproduksi saat seseorang mencerna makanan yang kaya akan kolin. Biasanya kandungan ini terdapat pada ikan lautm telur, hato, dan kacang-kacangan tertentu seperti kedelai.

Trimethylaminuria disebabkan karena adanya mutasi pada gen FMO3. Akibatnya yang bersangkutan akan mengalami bau badan meskipun sudah membersihkan diri dengan rutin. Untuk diketahui, TMA memiliki bau amis yang kuat. Namun hanya sekitar 10-15 persen orang dengan trimethylaminuria.