Friday, April 4, 2014

Foto Selfie Pertama di Dunia

Robert Cornelius (hufpost)
Anda yang terbiasa menggunakan kamera untuk memfoto diri sendiri, mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya "Selfie".

Selfie atau memotret diri sendiri memang sedang ngetren seiring popularitas smartphone. Tentu saja sudah sejak dulu foto jenis selfie eksis. Malah menurut penelitian sejarah, foto selfie pertama di dunia dilakukan lebih dari satu abad silam.

inilah demam baru yang banyak dilakukan oleh orang-orang dari mulai orang biasa sampai artis dan presidenpun ikut-ikutan. Namun pernahkah anda tahu hasil foto selfie pertama di dunia, berikut akan kami berikan kepada anda.

Seperti yang dikutip dari Huffington Post, Kamis (3/4/2014), selfie pertama dilakukan pada bulan Oktober 1893 oleh pria bernama Robert Cornelius. Robert adalah pria asal Amerika Serikat yang termasuk sosok pionir di bidang fotografi.

Suatu saat, ia berniat mengambil foto diri sendiri dengan teknik fotografi awal bernama Daguerreotype, yakni suatu Teknik fotografi yang diciptakan oleh seorang pria asal Perancis bernama Louis Daguerre.
 Grand Duchess Anastasia Nikolaevna
Tahun 1914

Karena masih rumitnya proses fotografi kala itu, Cornelius perlu waktu 3 sampai 15 menit dalam posisi diam agar kamera menangkap gambar dengan baik.

Dengan aksinya tersebut, jadilah Robert menjepret foto dirinya sendiri yang disebut-sebut sebagai selfie pertama di dunia.

Selain foto Cornelius, ada lagi foto selfie masa lalu yang juga dianggap salah satu yang tertua. Yakni foto Grand Duchess Anastasia Nikolaevna di tahun 1914, dalam fotonya dia menjepret diri sendiri di depan kaca.

Setelah melakukan selfie, Cornelius sendiri kemudian melanjutkan mendalami fotografi, bahkan sempat membuka studio foto.