Thursday, April 2, 2015

Orang Tertua di Dunia Meninggal Dunia pada Usia 117 Tahun

Misao OkawaMisao Okawa, orang tertua di dunia telah meninggal pada Rabu (1/4/2015),
Okawa meninggal di panti jompo di kota Osaka, Jepang setelah beberapa pekan sebelumnya merayakan ulang tahunnya yang ke-117. Osaka merupakan kota kelahirannya.

Diberitakan bahwa kematiannya diakibatkan karena gagal jantung. Saat meninggal Cucu Okawa dan para perawat panti jompo berada di sisinya.

Seorang pejabat di rumah panti jompo Osaka, Tomohiro Okada mengatakan, mereka memujinya karena telah mengalami hidup yang panjang dan sehat.

Okawa mulai kehilangan selera makannya sekitar 10 hari yang lalu, demikian Okada mengatakan.

Misao Okawa yang lahir di Osaka pada tanggal 5 Maret 1898 diakui oleh Guinness World Records pada 2013 sebagai orang tertua di dunia.

Ia menikah dengan Yukio, pada 1919. Mereka memiliki dua putri dan seorang putra. Suaminya meninggal pada tahun 1931. Okawa meninggalkan empat cucu dan enam cicit.

Okawa, yang merupakan putri seorang pembuat kimono, mengatakan pada perayaan ulang tahunnya awal Maret 2015 bahwa sebetulnya hidup selama 117 tahun tidak terasa begitu lama.
Dalam rentang hidupnya, ia mengalami tiga kali pergantian abad, satu abad di antaranya dialaminya penuh; menyaksikan pergantian empat kaisar Jepang, enam monarki Inggris, dan 20 presiden Amerika Serikat. Ia juga hidup pada zaman semua presiden Indonesia plus penjajahan Jepang dan Belanda di Indonesia. (Sumber: Kompas)