Friday, November 21, 2014

Mbah Ghoto - Manusia Tertua di Asia Tenggara

orang tua

ilustrasi
Di Desa Segeran, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, Jawa Tengah hidup manusia tertua di Asia Tenggara.

Lihat foto Mbah Ghoto "di sini"

Namanya Soedimejo atau yang biasa disapa Mbah Ghoto, Orang tua yang hidup di rumah sederhana ini berusia sekitar 144 tahun.

Meski sudah berusia lanjut, dalam kesehariannya kakek tua ini masih bisa berjalan normal dengan membersihkan rumput yang ada di sekitar rumah milik cucunya.

Mbah Ghoto dulu menekuni profesi mencari ikan di Bengawan Solo karena rumahnya dekat dengan aliran sungai tersebut.

Mbah Ghoto mengisahkan sudah melihat pembangunan pabrik gula di wilayah Desa Kedung Banteng Gondang, Sragen. Padahal, pembangunan pabrik gula Kedung Banteng Sragen tercatat tahun 1880.

Dilansir dari tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (6/9/2014), Mbah Ghoto lahir pada 31 Desember 1870. Berarti usia Mbah Ghoto sekitar 144 tahun. Usia yang sangat langka pada zaman ini.

Pihak Kantor Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sragen yang mengadakan penelusuran sejarah didapat bahwa Mbah Ghoto, menurut data revisi KK tertulis tanggal lahir 31 Desember 1870. Jadi sudah berumur 144 tahun.

Sebelumnya warga negara Tiongkok yang berumur 114 tahun adalah orang tertua di dunia. Namun sepertinya akan dikalahkan oleh  Mbah Ghoto yang usianya lebih tua yakni 144 tahun, itupun bila benar. (ref: liputan6)